Menambahkan "Combobox" pada data Excel


Beberapa waktu lalu, aku sudah share sedikit tentang matlab. Kali ini aku mau share juga tentang Excel. Menambah Combobox pada data Excel.. Buat apa sih combo Box ? di sini combobox digunakan untuk menyeleksi data. Misalnya kita hanya ingin menampilkan data-data dengan key tertentu saja. Maka combobox sangat berguna di sini..

Langsung saja ya.. Buka Microsoft Office, Pilih Microsoft Excel..
Dalam tutorial kali ini, aku menggunakan Microsoft Office 2007.

Kalo Excel Workbook nya udah dibuka, pertama kita harus punya database nya terlebih dahulu. Contoh database bisa dilihat pada gambar 1.

Gambar 1. Database

Kalo sudah ada databasenya, berikutnya adalah kita bikin field-field untuk menampilkan database tersebut. Field di mana kita naru combobox nya.. Liat contoh gambar 2 nih.


Gambar 2. Field Data

Nah, sekarang letakkan kursor pada cell C8. Klik Tab Data, pilih Data validation seperti Gambar 3. Lalu akan keluar kotak dialog Data Validation Seperti Gambar 4.

Gambar 3. Data Validation

Gambar 4. Kotak Dialog Data Validation
Pilih list, centang Ignore Blank dan In-Cell dropdown. Kemudian untuk Source, silahkan pilih cell AA2 sampai dengan AA12. Jangan lupa tekan F4 untuk absolut baris dan absolut kolom. Karena referensi cell kita kali ini kan tetap, tidak berubah ubah. Seperti Gambar 5 dan Gambar 6 Nih..

Gambar 5. Data Validation Source

Kemudian pindah ke tab Input Message, isikan seperti Gambar 6. Dan isikan pada Tab Error Alert seperti Gambar 7.
Gambar 6. Input Message

Gambar 7. Error Alert

Kemudian klik OK. jadi deh combo box nya.. (Gambar 8)
Gambar 8. Combobox

Eiitss..belum selesai. Masa cuma mau nampilin NRP / key duank...field-field data yang lain gimana...??? ooh.. itu c gampang.. Ayo kita lanjutkan.
Letakkan kursor pada cell B9, masukkan fungsi VLOOKUP seperti Gambar 9.

Gambar 9. VLOOKUP

Cell B9 : isi VLOOKUP nya sama dengan yang ada pada Gambar 9.
Cell B10 : sama dengan VLOOKUP B9 namun Col_Index_num nya diisi dengan 3
Cell B11: sama dengan VLOOKUP B9 namun Col_Index_num nya diisi dengan 4
Cell B12 : sama dengan VLOOKUP B9 namun Col_Index_num nya diisi dengan 5
Cell 13 : sama dengan VLOOKUP B9 namun Col_Index_num nya diisi dengan 6
Untuk lebih jelasnya, bisa simak Gambar 10.

Gambar 10. VLOOKUP untuk data-data lain yang mengacu pada cell B9

Sudah jadi.. Alhamdulillah.. Sederhana sekali kan ? Tapi ini bisa sangat membantu pekerjaan teman-teman untuk menyeleksi data. Tapi perlu diketahui, jika datanya terlalu banyak, misalnya ribuan..maka tidak dianjurkan menggunakan Excel. Pakai saja Ms. Access yang memang dikhususkan untuk Database.

Terima kasih sudah baca artikel saya.. Semoga bisa menambah ilmu kita. ^^

1 comment on "Menambahkan "Combobox" pada data Excel"

  1. assalamu'alaikum wr. wb.
    terimaksih tutorialnya sangat membantu buat saya yang baru belajar excel

    ReplyDelete