Tips Makanan Sehat untuk Mahasiswa "Sibuk"

Teman2.. Aku mau nanya nih ? Selama kuliah ini...makanan apa yang sering teman2 makan ? Sayur bayam ? Sayur asam ? Sop ? Telur..? tempe penyet ? sambel pueedes ? Hemmm... Sepertinya jarang yang mengonsumsi sayur dengan cukup. Hehe... (ini menurutku lo.. -> Berdasarkan pengalaman )

Coba deh lihat gambar ini :

Hehee... sangat familiar sekali
Trus kalo makan berapa kali sehari ? ada yang 1 x ? Hooo..kalo ada, kasian sekalii.. :(
Aku sih standarnya 2x.. (maklum, porsi makanan warung itu banyak..) kalo di rumah 3x biasa..soalnya ambil sendiri, bisa ambil dikit2, kalo di warung kan dah fix takaran nasinya..

Nah, sepertinya banyak dari teman-teman yang masih mahasiwa pola makannya tidak teratur.. Ya toh ? hehe.. (sok tau :P). Tenaaang..bagus itu, karena tidak akan terjangkit maag, karena maag melanda orang yang makannya teratur. Ketika tidak teratur sdkit, langsung kambuh.. (LLLhhooo..teori dr mana itu ? -> yee ndak percaya, coba deh direnungkan. :) ). Bebas dari maag..tapi mungkin bakal dikunjungi Salmonella thyposa alias kena tipus. (nah lo...)


Biar kita terhindar dari semua penyakit-penyakit tersebut, dan biar tubuh kita tetap fit walaupun menjalani tugas mahasiswa yang seabrek...ini ada sedikit tips makan seperti apa yang harus kita makan. Langsung saja.. Let's Check This Out...

1. Pentingnya sarapan
Sarapan sangat berpengaruh pada pencapaian akademis. Jika tak punya waktu, Anda sebaiknya beli makanan ringan untuk mengisi perut sebelum memulai kesibukan, seperti biskuit, buah-buahan, dan jus buah.

2. Pilah pilih fast food
Bila terpaksa makan fast food, pilihlah menu dengan bijak. Pilih piza yang topping-nya tak terlalu banyak keju dan sandwich berukuran sedang. Hindari kentang, ayam goreng, dan sandwich ikan karena mengandung banyak lemak yang berbahaya bagi tubuh.

3. Simpan camilan sehat
Simpan camilan sehat di kamar. Simpanan itu sangat berguna jika suatu waktu terpaksa begadang mengerjakan tugas kuliah. Cemilan sehat itu seperti kue beras atau yang terbuat dari gandum, buah-buahan, dan yoghurt.

4. Makanan kaya kalsium
Mahasiswa yang usianya di awal 20-an tahun sangat memerlukan banyak kalsium untuk tetap menghindari osteoporosis di kemudian hari. Jika tak suka susu, munimlah yoghurt yang rendah lemak.

5. Kurangi gula
Selain menambah kalori, gula juga berisiko merusak gigi. Maka itu, gunakanlah gula seminim mungkin saat menyeduh kopi, teh, atau sereal. Atau, Anda dapat menggunakan gula rendah kalori.

6. Banyak minum air
Tubuh kita setidaknya membutuhkan delapan gelas air per harinya. Apabila kita banyak beraktivitas, mungkin lebih banyak gelas. Untuk itu, sediakan selalu tempat minum di dalam tas.(MI/***)


Yah...semoga tips di atas bisa membantu.. :)

aku juga mau coba ah tipsnya.. hihii



sumber :http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newscat/sosbud/2010/06/23/21294/Tips-Makan-Sehat-untuk-Mahasiswa-Sibuk

1 comment on "Tips Makanan Sehat untuk Mahasiswa "Sibuk""